Posting TERPOPULER

Rabu

Definisi AKUNTANSI

Definisi Akuntansi/ Definition of Accountancy

Definisi Akuntansi dari sudut USERS

Beberapa Ahli Akuntansi diantaranya Bapak Al Haryono Yusuf mendefinisikan akuntansi sebagai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi. Dari definisi tersebut dapat diartikan bahwa akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Informasi yang dihasilkan adalah informasi tentang organisasi atau perusahaan tersebut dan digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan bagi internal organisasi itu.

Definisi Akuntansi dari sudut Activity Process


Akuntansi sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisan data keuangan suatu organisasi. Sehingga dari definisi tersebut diketahui bahwa kegiatan akuntansi merupakan tugas yang komplex dan menyangkut bermacam-macam kegiatan.

Tetapi menurut saya yang sudah 20 tahun mengajar akuntansi bahwa akuntansi adalah kemampuan untuk mencatat, membukukan dan melaporkan transaksi ekonomi yang terjadi pada suatu perusahan untuk suatu periode tertentu. Mulai dari persiapannya dan terjadinya transaksi sampai dengan penyajian laporan keuangan dan mengalisanya. Semakin tinggi pemahaman akuntansi seseorang maka semakin tinggi pula kemampuannya untuk mendrill kemampuannya itu dalam praktek akuntansi. Kualitas laporan keuangan yang dihasilkan amat tergantung pada pemahamannya akan akuntansi.