Posting TERPOPULER

Selasa

Departementalisasi Metode Langsung

Departementalisasi
Metode Langsung

Departementalisasi metode langsung merupakan cara pendistribusian biaya overhead pabrik dari departemen jasa ke departemen produksi dan antara departemen jasa tidak boleh saling memberi dan menerima. Penggunaan biaya overhead pabrik tidak hanya untuk departemen produksi tetapi juga untuk departemen jasa. Depatemen produksi dan departemen jasa dipisahkan karena memang peranan kedua departemen tersebut berbeda, departemen produksi bertugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan aktivitas produksi yang menjalankan fungsi produksi bagi perusahaan tersebut. Sedangkan departemen jasa berfungsi membantu atau mensupport kelancaran dari aktivitas produksi.

Biaya overhead pabrik di departemen jasa harus didistribusikan ke departemen produksi karena sebenarnya biaya overhead pabrik tersebut memang dikeluarkan untuk mensupport kegiatan produksi di departemen produksi. Dengan kata lain bahwa biaya overhead pabrik di departemen jasa merupakan biaya overhead pabrik tidak langsung, karena yang sifatnya tidak dapat ditelusuri secara langsung ke objek biaya.

Kemudian dengan memperhatikan cara atau metode biaya overhead pabrik tersebut didistribusikan ke departemen produksi terdapat tiga methode yang sudah kita kenal dan salah satunya adalah metode langsung (Direct Method).

Cara pendistribusian biaya overhead pabrik dari departemen jasa ke departemen produksi dengan metode langsung adalah :

* Distribusikan biaya overhead pabrik di departemen jasa ke departemen produksi berdasarkan abjad atau urutan yang ditentukan dalam kebijakan perusahaan.
* Antar depatemen jasa tidak saling memberi dan menerima biaya overhead pabrik dari departemen jasa..
* Total biaya overhead pabrik di departemen produksi adalah todal biaya overhead pabrik sendiri ditambahkan dengan total biaya overhead pabrik yang diterima dari hasil pendistribusian dari departemen jasa.